Perbedaan Antara Humidifier dan Dehumidifier

Perbedaan antara humidifier vs dehumidifier yang utama yaitu : Humidifier (pelembab) adalah alat untuk menambahkan kelembaban udara dalam satu ruangan, sedangkan dehumidifier adalah alat untuk mengurangi kelembaban (mengeluarkan uap air) dari udara di dalam ruang.

Perbedaan antara humidifier dan dehumidifier

Humidifier bekerja dengan cara meniupkan uap air ke dalam ruangan, sementara dehumidifier bekerja dengan menyedot uap air dan menyimpannya dalam tabung dingin menggunakan kompresor.

Baik humidifier maupun dehumidifier perlu dibersihkan secara berkala untuk menghindari bahaya kesehatan yang ditimbulkan akibat bakteri dan jamur.

Perbedaan humidifier vs dehumidifier

Fungsi humidifier dan dehumidifier adalah untuk mengembalikan tingkat kelembaban udara dari tidak normal menjadi normal. Yaitu dari kondisi udara yang kurang lembab menjadi normal dan sebaliknya. Biasanya kedua alat ini digunakan pada kondisi cuaca yang ekstrim.

Sesuai namanya humidifier adalah alat yang dimaksudkan untuk menambah kadar air di udara di dalam rumah sedangkan dehumidifier menghilangkan kelebihan kelembaban sehingga kadar kelembabannya kembali normal.

Tingkat kelembaban udara di dalam rumah bisa diukur dengan menggunakan alat yang disebut hygrometer. Tingkat kelembaban udara yang ideal di dalam rumah adalah antara 30-50%. Jika tingkat kelembaban udara di rumah Anda lebih tinggi atau lebih rendah dari kisaran ini, maka Anda perlu memasang humidifier atau dehumidifier tergantung pada kondisi.

Jika rumah Anda berada di atas kelembaban 50% maka diperlukan dehumidifier. Namun, jika tingkat kelembaban di bawah 30%, maka dibutuhkan humidifier.

Satu hembusan humidifier yang berisi uap air akan menambah kadar air di dalam ruangan dan membuat udara kering sedikit lembab.

Sedangkan dehumidifier bekerja sebaliknya dengan menghisap udara di dalam ruangan dan menyalurkannya melalui tabung dingin. Dan tabung dingin akan membuat uap air terkumpul dalam tabung.

Sekilas video tentang beda antara humidifier dan dehumidifier


Meskipun manfaat kesehatan dari humidifier dan dehumidifier cukup jelas, namun keduanya perlu dibersihkan secara berkala karena berkaitan dengan uap air. Jika tidak dibersihkan maka akan menjadi sumber bakteri dan jamur yang berbahaya bagi kesehatan.

0 Response to "Perbedaan Antara Humidifier dan Dehumidifier"

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *