8 Cara Untuk Mengetahui Pisau Dapur Yang Bagus


Satu set pisau dapur yang bagus dan berkualitas sangat diperlukan untuk mengerjakan tugas-tugas di dapur. Tapi seperti apa pisau dapur yang kualitasnya bagus itu ? Untuk mengetahuinya ada sejumlah parameter yang dapat dipakai.

Yuk kita bahas parameter tersebut satu per satu. Yaitu agar tak ada keraguan bahwa pisau yang kita beli nanti merupakan pisau yang benar-benar kualitasnya bagus dan terbaik.   

Cara mengetahui pisau dapur yang bagus

Cara mengetahui pisau dapur yang bagus

#1. Nyaman dipegang

Alat pemotong seperti pisau harus mudah dan nyaman untuk dipegang. Jika dipegang saja susah maka sangat rentan terjadi kecelakaan.

Terlebih pisau yang handle-nya jelek mudah menyebabkan pegal dan lelah. Jadi pastikan Anda apakah pisau yang akan Anda beli itu nyaman di tangan atau tidak.

#2. Bobot

Berikan perhatian ekstra pada bobot pisau, karena jika menggunakan pisau yang berat akan membuat pekerjaan dapur jadi susah. Carilah model pisau yang bobotnya ringan, tapi memiliki semua kualitas dan karakteristik dari pisau yang lebih berat tadi.

#3. Keseimbangan

Pisau dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu : bagian pegangan dan bagian pisaunya yang tajam. Antara keduanya harus ada keseimbangan yang baik. Jika tidak, maka Anda akan kesulitan melakukan gerakan memotong dll dengan halus.

Kadang-kadang ada orang yang menggunakan pisau dan mengalami ketegangan pada pergelangan tangan, lengan atas dan lengan bawah. Jika pisau yang digunakan keseimbangannya baik, maka hal seperti itu bisa dikurangi.

#4. Bahan pembuatan

Dilihat dari bahan pembuatannya ada beberapa jenis pisau dapur. Masing-masing jenis pisau punya kelebihan dan kekurangan dalam hal performa, daya tahan dan kenyamanan.

Dan berikut adalah jenis-jenis pisau tersebut :

• Stainless Steel : Pisau berbahan stainless steel kebal terhadap noda dan korosi. Tapi, pisau yang terbuat dari baja tahan karat ini mudah kusam dan susah diasah dan dipertajam.

• Keramik : Pisau yang terbuat dari keramik harus digunakan dengan hati-hati karena sangat tajam, selain itu pisau keramik juga mudah pecah.

• Campuran stainless steel dan carbon steel : Pisau jenis ini banyak ditemukan pada pisau Jepang. Campuran baja tahan karat dan baja karbon membuat pisau ini lebih unggul dari jenis lainnya. Sayangnya, harganya bisa sangat mahal.

• Carbon steel : Pisau ini tepiannya dapat bertahan lama dan mudah untuk dipertajam. Tapi, kelemahannya lebih mudah berkarat.

#5. Pengerjaan

Jangan hanya memperhatikan bentuk akhir pisau saja, tapi cek juga bagaimana pisau itu dibuat atau dirakit. Bukan dengan berkunjung ke pabriknya, tapi perhatikan fisik pisau tersebut.

Jangan beli pisau yang ada tanda las-lasan atau sambungan apapun. Area gagak (dimana pegangan sisi yang satu bertemu dengan sisi yang lain) harus tergabung dengan baik karena area ini akan mendapatkan beban maksimum.

Jika mendapatkan pisau dengan konstruksi single-piece, maka itu lebih baik, karena lebih menyatu dan lebih tahan lama.

#6. Handle atau gagang pisau 

Gagang pisau dibuat dari bermacam-macam bahan misalnya karet divulkanisasi, termoplastik, resin kayu dan stainless steel.

Periksa kualitas gagang pisau dan seberapa nyaman jika digenggam tangan Anda. Ingat yang Anda beli adalah produk yang akan digunakan untuk waktu yang lama.

Stainless steel dan komposit menawarkan gagang dan pegangan terbaik. Sedangkan gagang dari kayu akan rapuh dan membusuk setelah lama dipakai. Sebaiknya hindari membeli pisau dengan gagang kayu.

#7. Mudah diasah

Jika ada penjual yang mengklaim bahwa pisau jualannya “tidak perlu diasah”, maka langsung saja Anda simpulkan “tidah usah dibeli”.

Sebuah pisau biar bagaimanapun akan menjadi kusam dan tumpul setelah jangka waktu tertentu, jadi Anda perlu menemukan pisau yang tetap dapat diasah.

#8. Penyimpanan

Jangan sekali-kali menyimpan pisau tajam di tempat terbuka. Jika Anda membeli satu set pisau dapur, maka sekaligus akan mendapatkan tempat penyimpanannya. Tempat ini bisa terbuat dari kayu, kaca temper atau stainless steel. Terserah selera Anda seperti apa tempat penyimpanan yang Anda sukai.

Banyaknya parameter yang harus diketahui dan banyak merek pisau dapur di pasaran, pasti perlu waktu yang tidak singkat untuk mendapatkan pisau yang kualitasnya bagus.

Sekedar memudahkan pilihan, kami akan menampilkan beberapa merk pisau dapur yang bagus dan terbaik yang ada di pasaran. (Bersambung di tulisan berikutnya).

0 Response to "8 Cara Untuk Mengetahui Pisau Dapur Yang Bagus"

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *