Perbedaan Antara Air Fryer dan Deep Fryer


Untuk menyiapkan makanan enak seperti ayam goreng atau kentang goreng, maka harus disiapkan alat penggorengan yang baik dan tepat. Apakah penggorengan listrik (electric deep fryer), penggorengan tanpa minyak (air fryer), ataukah penggorengan propane biasa.

Sekarang ini deep fryer modern banyak yang dilengkapi tampilan digital untuk menunjukkan suhu terkini atau yag diinginkan. Sementara air fryer menggunakan teknologi perputaran udara panas untuk memasak / menggoreng tanpa minyak. 

Perbedaan air fryer vs deep fryer

Tulisan ini akan membahas perbedaan antara deep fryer dan air fryer, karena masih banyak orang yang bingung membedakannya. Tentang penggorengan propane tidak dibahas disini.

Beda antara Air Fryer dan Deep Fryer

Setidaknya ada 6 perbedaan utama antara air fryer dan deep fryer :

#1. Penggunaan minyak

Menggoreng makanan dengan deep fryer perlu minyak yang banyak, sedangkan menggoreng dengan air fryer tidak perlu minyak. Atau jika memakai minyak pun hanya sedikit. Jadi dalam hal ini air fryer lebih hemat. 

#2. Memasak sehat

Makanan yang digoreng dengan air fryer umumnya lebih sehat daripada yang digoreng dengan deep fryer. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kentang goreng dari air fryer kandungan minyaknya turun 80% daripada kentang goreng dari deep fryer. Jadi bagi individu yang ingin mengurangi konsumsi lemak, ini merupakan kabar yang sangat baik.

Tapi pada sisi lain, makanan yang digoreng menggunakan deep fryer jauh lebih enak, crispy dan lembut. 

#3. Waktu masak dan kapasitas

Untuk waktu memasak, air fryer perlu waktu masak lebih banyak dibandingkan dengan deep fryer. Sebab, perpindahan panas pada deep fryer lebih cepat.

Soal kapasitas, deep fryer dapat digunakan untuk memasak dalam jumlah besar dan kecil, karena biasanya dilengkapi dengan keranjang masak besar dan kecil. Sedangkan air fryer lebih cocok digunakan untuk memasak dalam porsi kecil, atau untuk memasak ulang / menghangatkan makanan.

#4. Harga

Harga deep fryer jauh lebih murah daripada air fryer. Deep fryer juga dibuat dengan komponen yang harganya lebih murah. Sedangkan air fryer biasanya memiliki teknologi dan fitur yang lebih canggih serta komponen untuk membuatnyapun lebih kompleks. 

#5. Faktor keamanan

Jika kita memasak menggunakan deep fryer, maka harus ada jarak aman antara posisi kita berdiri dengan panci berisi minyak panas agar terhindar dari risiko panas atau terbakar. Sedangkan air fryer jauh lebih aman digunakan karena makanan dimasukan pada tempat terttup saat memasak.

#6. Fungsi 

Air fryer bersifat multifungsi atau dapat digunakan untuk memasak makanan dengan berbagai cara seperti membakar (baking), memanggang (roasting), menggoreng (frying) dan grilling. Sedangkan deep fryer tidak dapat digunakan untuk memanggang, membakar, dan meng-grill makanan (tidak multifungsi).

Tabel perbedaan air fryer VS deep fryer
 Air Fryer
 Deep Fryer
 Kandungan minyak rendah
 Kandungan minyak tinggi
 Waktu masak lama
 Waktu masak singkat
 Kandungan kalori lebih rendah
 Kandungan kalori lebih tinggi
 Harga lebih mahal
 Harga lebih murah
 Mudah dibersihkan
 Susah dibersihkan
 Perawatan mudah tapi beda cara
 Perawatan mudah

Yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli deep fryer 

Jika Anda ingin membeli deep fryer maka pertimbangkan hal-hal berikut :

#1. Kapasitas – Ada 3 ukuran kapasitas yaitu kecil, sedang dan besar. Jika Anda ingin menggoreng ayam secara utuh atau makanan besar lainnya, maka pilih ukuran deep fryer yang besar karena lebih efisien.

#2. Tujuan penggunaan – Coba tentukan apa tujuan penggunaannya. Jika yang Anda butuhkan adalah menyiapkan makanan yang besar seperti kalkun maka lebih tepat menggunakan penggorengan propane. Sementara deep fryer elektrik dapat digunakan untuk menyiapkan hidangan seperti ayam goreng dan kentang goreng.

#3. Keamanan – Ada berbagai jenis deep fryer. Penting untuk diperhatikan bahwa deep fryer tenaga listrik jauh lebih aman dibandingkan penggorengan dalam propane biasa, karena ada fitur kontrol yang bermanfaat yaitu shut off otomatis.

#4. Harga – Harga deep fryer tergantung merk dan ukuran. Electric deep fryer ukuran besar umumnya lebih mahal daripada yang ukurannya kecil.

Untuk pertimbangan sebelum membeli air fryer silakan baca di artikel ini.

Itulah beberapa perbedaan antara air fryer dan deep fryer. Semoga membantu.

0 Response to "Perbedaan Antara Air Fryer dan Deep Fryer"

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *