Cara Menyimpan Kopi Yang Benar Agar Tetap Enak dan Segar


Bagi sebagian orang, minum secangkir kopi di pagi hari adalah rutinitas yang tidak boleh dilewatkan. Minum kopi yang enak dan segar ibarat “opening ceremony” sebelum menjalani aktifitas sehari-hari.   
Rasa kopi yang enak dan segar salah satunya di tentukan oleh cara kita menyimpan biji kopi maupun bubuk kopi yang benar.

Tempat menyimpan kopi yang terbaik

Yang perlu diingat yaitu bahwa kesegaran kopi dipengaruhi waktu. Kopi mulai kehilangan kesegarannya begitu selesai dipanggang, dan mencapai puncaknya dalam beberapa hari pertama setelah dipanggang.

Kopi bubuk adalah pilihan terbaik jika anda berencana untuk mengkonsumsinya dalam waktu satu hingga dua minggu pemanggangan. Dan biji kopi adalah yang terbaik dalam satu bulan pemanggangan.

Cara menyimpan kopi yang benar

Para pecinta kopi pasti tau bahwa ada empat musuh dalam menyimpan kopi, yaitu : suhu, cahaya, oksigen, dan kelembaban. Berikut adalah beberapa tips dan cara menyimpan kopi untuk menjaga kopi Anda tetap enak dan segar :

#1. Belilah kopi yang baru saja dipanggang, dalam jumlah yang hanya akan bertahan satu hingga dua minggu, dan kemudian simpan kopi Anda dengan benar.

#2. Jika Anda membeli kopi dalam jumlah yang lebih besar, maka simpan sebagian besarnya dalam wadah tertutup rapat yang kedap udara, taruh di tempat yang sejuk dan gelap.

#3. Simpan sebagian kecilnya dalam wadah yang lebih kecil untuk digunakan sehari-hari. Hanya buka wadah besar untuk mengisi kembali wadah yang lebih kecil. Menyimpan kopi dengan cara ini akan mengurangi paparan udara untuk porsi kopi yang lebih besar.

Wadah yang kering dan kedap udara adalah tempat terbaik untuk menyimpan kopi. Hindari lokasi penyimpanan yang lembab, panas, dan banyak terpapar cahaya.

Perhatikan hal berikut ini untuk menyimpan kopi secara benar :

#1. Tempat sejuk, gelap, kering adalah yang terbaik untuk penyimpanan kopi.

#2. Hindari menyimpan kopi dalam lemari es atau freezer karena lembab.

#3. Hindari tempat-tempat yang hangat, seperti di atas / di samping oven atau di lemari yang menjadi panas karena terpapar sinar matahari atau peralatan memasak.

#4. Pilih tempat yang jauh dari sinar matahari langsung dan sumber panas lainnya dan gunakan tempat penyimpanan yang buram dan kedap udara.

Jenis kontainer kopi

Setelah kemasan asli kopi dibuka, maka kopi akan kehilangan kesegarannya dengan cepat. Untuk alasan itu, maka kita ingin memasukkan kopi tersebut ke wadah yang tepat sesegera mungkin.

Wadah yang terbuat dari kaca, keramik atau bahan lain yang non-reaktif dengan gasket kedap udara sangat ideal untuk menyimpan kopi.

Kopi boleh saja disimpan dalam tabung kaca bening atau wadah plastik bening hanya jika wadah tersebut ditaruh di tempat yang sejuk dan gelap.

Untuk penyimpanan diatas meja, maka wadah yang buram (tidak bening), dan kedap udara adalah yang terbaik.

Itulah tips singkat menyimpan kopi untuk menjaga rasanya agar tetap enak dan aromanya tetap segar. Jika Anda punya cara yang lain, silakan tambahkan di kolom komentar.

0 Response to "Cara Menyimpan Kopi Yang Benar Agar Tetap Enak dan Segar"

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *