Ads

Exhaust Fan Dinding Vs Plafon : Mana Yang Terbaik ?


Dilihat dari tempat pemasangannya, exhaust fan ada dua macam yaitu exhaust fan dinding (wall mounted ventilation fan) dan exhaust fan plafon (roof mounted ventilation fan). Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika harus memilih, manakah diantara keduanya yang merupakan exhaust fan terbaik untuk dipasang dirumah ?

Untuk menjawabnya harus dipahami dulu kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis exhaust fan itu. 

Exhaust fan dinding

Kelebihan dan kekurangan exhaust fan dinding

Kelebihan exhaust fan dinding : pemasangan lebih kuat dan aman. Untuk daerah dengan iklim dingin, exhaust fan dinding lebih prioritas karena jika ada salju yang menempel tidak akan membebani atap atau menimbulkan kebocoran yang dapat merusak struktur atap. Dari segi safety, fan yang dipasang di dinding lebih aman dari pada jendela. 

Kekurangan sxhaust fan dinding : pemasangan paling efektif terbatas pada dinding luar, tidak bagus dari segi estetika karena terlihat dengan jelas.

Exhaust fan plafon

Kelebihan dan kekurangan exhaust fan plafon

Kelebihan exhaust fan plafon : lebih indah dan estetik, karena pemasangannya dapat disamarkan dengan bentuk plafon. Untuk mengeluarkan udara panas juga lebih efektif karena berada pada posisi tertinggi sedangkan hawa panas selalu bergerak ke atas. Dengan demikian udara dalam ruangan lebih dingin. Exhaust fan plafon dapat dipasang pada semua ruangan.

Kekurangan exhaust fan plafon : membebani struktur plafon, rangka plafon harus benar-benar kuat. Dianggap lebih berisik terutama jika pemasangannya kurang pas.

Kesimpulan : sebuah exhaust fan atau kipas penyedot udara pada dasarnya dirancang untuk dipasang di tiga tempat yaitu : di atap, dinding, atau dipasang pada sebuah saluran (jenis cooker hood). Dimanapun tempatnya, komponen utama kipas pada dasarnya tidak berubah. Hanya rangka kipas yang berbeda-beda untuk menyesuaikan agar pemasangan semudah dan seindah mungkin.

Untuk mendapatkan jenis exhaust fan terbaik tergantung pada pola aliran udara yang diinginkan dan karakteristik fisik bangunan. Dengan mengamati struktur bangunan dan memvisualisasikan bagaimana udara seharusnya mengalir, maka Anda akan menemukan jenis fan yang terbaik dan paling sesuai untuk rumah Anda.

0 Response to "Exhaust Fan Dinding Vs Plafon : Mana Yang Terbaik ?"

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *