10 Fakta Menarik Seputar Karpet, Nomor 7 Bikin Terkejut


Karpet lazim dipakai di rumah atau di kantor sebagai alas penutup lantai agar lantai lebih hangat dan terkesan lebih mewah. Di luar fungsi karpet yang langsung dapat dirasakan, ada beberapa fakta menarik seputar alas penutup lantai ini. Berikut adalah 10 fakta menarik seputar karpet yang sayang untuk dilewatkan.

Red carpet - karpet merah
Aktris Sonam Kapoor berpose di Red Carpet Festival Film Cannes, Perancis

Fakta menarik seputar karpet

Fakta #1

"Carpet Bagger" adalah istilah kasar yang muncul selama perang saudara di Amerika. Istilah ini menggambarkan orang dari wilayah Utara yang selalu membawa semua barang perlengkapannya dalam tas saat bepergian ke berbagai lokasi pertempuran. Nah, tas perlengkapan mereka itu terbuat dari karpet.

Fakta #2

Cara yang luar biasa untuk membuat warna karpet lebih cerah adalah dengan menaburkan lapisan garam ke karpet dan biarkan selama satu jam. Lalu bersihkan dan nikmati warna yang seperti baru.

Fakta #3

Jika Anda ingin karpet yang tahan lama, maka perlu dibersihkan oleh orang yang ahli (professional) setidaknya setahun sekali.

Fakta #4

"Magic Carpet Ride" adalah judul lagu populer dari Steppenwolf (Kanada) yang muncul di nomor 3 di tangga lagu AS pada 1960-an. Lagu top lainnya dari Steppenwolf misalnya adalah "Born to Be Wild".

Fakta #5

Jika Anda merawat dan membersihkan karpet dengan benar, maka hal itu dapat meningkatkan kualitas udara di rumah. Sebab debu dan allergen sering terjebak di dalam karpet, dan jika dibersihkan maka otomatis Anda menghilangkan debu dan allergen agar tidak mengotori udara di rumah.

Fakta #6

Ketika vakum cleaner pertama kali diproduksi, pedagang kesulitan untuk menjual kepada konsumen. Mengapa? Karena orang-orang tidak ingin ada anggapan bahwa karpet mereka begitu kotor.

Fakta #7

Istilah Red Carpet (karpet merah) tidak diperkenalkan ke dunia melalui para pesohor atau selebriti. Melainkan, awalnya digunakan pada upacara formal untuk para pemimpin dan politisi.

Fakta #8

Karpet Oriental dianggap sebagai artefak berharga di Eropa pada Abad Pertengahan. Karena tentara salib biasa pulang membawa karpet dengan dibumbui kisah perjalanan dan petualangannya.

Fakta #9

Kata "karpet" berasal dari istilah Latin yaitu “carpere” yang artinya “mencabut” karena pada saat ini Anda umumnya harus mencabut serat agar tidak terurai. Atau dapat juga berasal dari bahasa Latin yaitu  kata "Carpe Diem" yang berarti "memetik atau merebut hari".

Fakta #10

Karpet tertua yang masih eksis sampai sekarang berusia 2.000 tahun, ditemukan di sebuah makam Skit di Siberia pada tahun 1940-an, dan sering disebut karpet Pazyryk.

Baca juga : 6 Cara Merawat dan Membersihkan Karpet Bulu

Itulah fakta-fakta menarik seputar karpet. Jika Anda menemukan fakta menarik lainnya, jangan ragu untuk menambahkan dikolom komentar.

0 Response to "10 Fakta Menarik Seputar Karpet, Nomor 7 Bikin Terkejut"

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *