Ads

Kelebihan dan Kekurangan Kitchen Set Aluminium


Kitchen set aluminium sering diperbandingkan kelebihan dan kekurangannya dengan kitchen set kayu dalam hal harga, daya tahan dan desain. Dari keduanya, mana kitchen set (kitchen cabinet) yang lebih bagus ?

Sebagai contoh kelebihan kitchen set dari aluminium adalah lebih awet dan lebih tahan lama, tapi ada kekurangannya yaitu harganya lebih mahal, dll.

Tulisan singkat ini akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan kitchen set aluminium vs kitchen set kayu biasa.

Kitchen set aluminium

Kelebihan kitchen set aluminium

#1. Tahan lama
Kitchen set banyak dibuat dari kayu solid, kayu olahan, dan aluminium. Dan yang dibuat dari aluminium memiliki daya tahan yang terbaik. Mengapa ? Sebab kelembaban dan panas adalah hal biasa di dapur, dan aluminium adalah satu-satunya bahan yang tahan terhadap kelembaban dan panas.

Kitchen set aluminium lebih tahan lama, kuat dan tangguh jika dibandingkan dengan lemari dapur yang dibuat dari kayu.

Baca juga : Kitchen Set Dari Kayu Olahan : Kelebihan dan Kekurangannya

#2. Kinerja abadi
Lemari dapur aluminium yang berkualitas dapat bertahan seumur hidup. Rahasia untuk lemari dapur aluminium yang tahan lama terletak di dalam ketebalan dan struktur rangka. Rangka aluminium yang tebal membuat kitche set ini tidak mudah bengkok atau berubah bentuk.

Namun tidak semua kitchen cabinet aluminium memiliki umur yang sama, semuanya tergantung pada kualitas aluminium yang digunakan.

#3. Tahan air
Air dan kelembaban adalah musuh utama bagi kitchen set kayu karena dapat menyebabkan lengkungan dan pengeroposan pada bagian-bagiannya. Jika kayu sudah rusak dan jadi melunak maka tidak dapat menanggung beban yang berat.

Bahan aluminium sangat tahan air. Sehingga residu kelembaban dari peralatan dapur yang basah tidak akan membahayakan kitchen set aluminium.

#4. Tahan bahan kimia
Aluminium adalah logam yang stabil, dan dia tidak bereaksi terhadap tumpahan cairan asam ringan seperti cuka dan kecap.

Warna pada rangka lemari dapur aluminium juga tidak pudar atau kusam saat bersentuhan dengan air. Intinya aluminium sangat aman digunakan untuk lemari dapur.

#5. Tidak berbau 
Jika Anda punya lemari dapur dari kayu atau particle board, Anda mungkin terbiasa dengan aroma khas semacam bau apek, yang sedikit mengganggu selera.

Pada lemari dapur aluminium masalah tersebut tidak akan dijumpai. Bahan aluminium tidak berbau dan permukaan aluminium yang tidak berpori mencegahnya menjadi tempat berkembang biak bakteri dan mikroorganisme berbahaya. Dapat dikatakan tidak ada peluang untuk pertumbuhan lumut atau jamur pada kitchen set aluminium.

#6. Mudah dirawat dan dibersihkan 
Lemari dapur aluminium tidak membutuhkan banyak perawatan dan pemeliharaan. Kebersihan lemari dapur aluminium dapat dijaga dengan cara menyeka kotoran, debu, dan minyak memakai kain lembab.

Karena mudah dirawat dan dibersihkan, maka lemari dapur aluminium sangat cocok untuk pemilik rumah yang sibuk bekerja.

Meskipun aluminium tahan terhadap bahan kimia, namun tetap harus dihindari penggunaan zat pembersih yang kuat saat membersihkan. Seperti deterjen yang kuat atau bahan kimia kuat lainnya.

#7. Anti karat
Sifat aluminium yang stabil dengan finishing teroksidasi membantu mencegah kabinet aluminium dari karat / korosi.

#8. Tahan terhadap perubahan iklim 
Lemari dapur dari kayu cenderung menyerap uap air terutama saat musim hujan. Kelembaban yang tinggi akan menyebabkan kayu atau papan serat menjadi basah, lalu membusuk.

Namun aluminium tidak terpengaruh oleh kelembaban di sekitarnya. Dengan kata lain, lemari dapur aluminium mampu menahan kondisi iklim yang berbeda tanpa mempengaruhi kinerjanya.

#9. Tahan api
Ini merupakan kelebihan kitchen set aluminium yang sangat menonjol yaitu tahan api. Berbeda dengan bahan lain yang mudah terbakar, karakteristik logam dari aluminium adalah tahan terhadap api.

Itu berarti, aluminium mampu menahan panas tinggi tanpa mudah terbakar.

#10. Ramah lingkungan
Jika Anda seorang pencinta lingkungan, ketahuilah bahwa aluminium merupakan salah satu logam yang paling ramah lingkungan. Kenapa ? Sebab lemari dapur aluminium menggunakan bahan yang dapat didaur ulang dan nol limbah.

Pada sisi lain lemari dapur kayu diproduksi dari bahan yang berkontribusi terhadap deforestasi, penebangan hutan dll.

#11. Tahan rayap
Kekhawatiran utama para pemilik kitchen set kayu adalah lemari dapur tersebut rentan terhadap serangan rayap. Sedangkan sifat aluminium yang tidak keropos, membuat serangan hama dan rayap dapat dicegah secara efektif.

#12. Warna dapat disesuaikan
Jangan berpikir lemari dapur aluminium desainnya cuma logam yang membosankan. Sebab lemari dapur aluminium dapat disesuaikan dengan semua warna.


Kekurangan kitchen set aluminium

#1. Suara berisik
Kitchen set aluminium bisa berisik karena suara logam yang beradu saat menutup pintu atau laci kabinet. Biasanya suara berisik ini diatasi dengan menggunakan engsel buka-tutup yang berkualitas dan lembut.

#2. Logam lunak
Aluminium merupakan logam yang ringan dan lunak, sehingga rentan terhadap indentasi. Kekurangan kitchen set aluminium ini dapat diatasi dengan menggunakan panel aluminium yang lebih tebal.

#3. Keterbatasan desain
Tampilan kitchen set aluminium biasanya terbatas hanya pada desain modern dan minimalis.

0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Kitchen Set Aluminium"

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *