Cara Menggunakan Alat Pengasah Pisau Manual


Setiap keluarga rata-rata memiliki lebih dari satu jenis pisau. Ada pisau dapur biasa, pisau daging, pisau sayur, pisau buah, pisau roti dll. Masing-masing harus dirawat agar pisau tetap awet dan tajam, misalnya dengan cara diasah. 

Mengasah pisau ada dua cara. Pertama secara tradisional menggunakan batu asah, dan kedua dengan menggunakan alat pengasah pisau (knife sharpener). Alat pengasah pisau modern banyak dijual di toko online.

Tulisan pendek ini akan mengulas cara mengasah pisau dengan alat pengasah pisau manual. Yuk disimak …

Cara menggunakan alat pengasah pisau
sumber : thekitchenbyvangura.com

Cara menggunakan alat pengasah pisau

#1. Siapkan alat pengasah pisau
Pertama siapkan dulu alat pengasah pisau beserta pisaunya. Alat pengasah ini ada yang memiliki dua atau satu slot untuk mengasah.

#2. Letakkan pisau di atas alat
Posisikan pisau yang akan diasah dengan bagian pinggir pisau yang tajam berada di bawah. Letakkan pisau di slot yang lebih kasar dari kedua slot yang ada pada alat pengasah pisau tersebut. Pastikan posisi pisau tegak lurus dengan alat pengasah, jangan miring.

#3. Tarik pisau 
Selanjutnya tarik pisau hingga keluar dari alat, lalu masukkan lagi ke slot yang kasar tersebut. Tekan perlahan sampai kira-kira bagian bawah pisau menyentuh dasar slot. Lalu tarik lagi. Ulangi proses seperti itu dua sampai tiga kali.

#4. Pindah ke slot lainnya 
Setelah proses mengasah pisau dengan menggunakan slot pertama rampung, kemudian pindahkan pisau ke slot lainnya. Masukan pisau sambil ditekan perlahan hingga ke dasar slot lalu tarik kembali ke atas. Prosesnya sama persis dengan saat diasah pada slot sebelumnya.

Baca juga : 5 Set Merk Pisau Dapur Terbaik, Apa Saja ?

#5. Cuci pisau
Cucu pisau, keringkan dan pisau siap digunakan.

Yang perlu diperhatikan : 

• Jangan mengasah pisau yang terbuat dari keramik karena pisau keramik mudah patah.
• Jangan percaya dengan mitos bahwa pisau tidak perlu diasah. Sebab jika tidak diasah maka penggunaan pisau secara terus-menerus akan membuat bagian yang tajam menjadi tumpul.
• Saat mengasah pisau gunakan alur searah (jangan dua arah).
• Rawat pisau dengan baik. Caranya : cuci pisau setelah digunakan, keringkan lalu letakkan pada tempat dudukan pisau, atau masukkan ke dalam laci.

0 Response to "Cara Menggunakan Alat Pengasah Pisau Manual "

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *