7 Tips Agar Dapur Kecil Terlihat Lebih Besar


Berbeda dengan rumah tempo doeloe yang memiliki dapur ukuran besar, rumah jaman sekarang ukuran dapurnya cenderung kecil. Apalagi jika tinggal di perkotaan seperti di kompleks perumahan, rumah susun atau di apartemen.

Ukuran dapur yang kecil akan terlihat makin sempit jika penataannya tidak sesuai. Apa yang harus dilakukan agar dapur yang kecil terlihat lebih besar ? Simak tips agar dapur kecil terlihat besar berikut ini. 

Tips agar dapur kecil terlihat besar

Tips agar dapur kecil terlihat lebih besar

#1. Gunakan cat warna putih
Putih adalah warna terbaik untuk dapur kecil, karena sifatnya yang memantulkan cahaya. Gunakan cat warna putih untuk dinding, langit-langit, meja-kursi serta kitshen set. Jika Anda tidak suka warna putih maka gunakan warnai warna pastel yang ringan dan lembut. Semakin ringan warna dan semakin terang ruangan, maka dapur akan semakin terasa besar dan lapang.

#2. Cahaya terang
Cahaya matahari yang terang dan alami lewat jendela adalah yang terbaik. Jika tidak memungkinkan dapat digunakan pencahayaan buatan seperti lampu atap, dan lampu sorot kombinasi lampu redup. Jika ukuran jendelanya kecil dan cahaya alami terbatas, dapat digunakan cermin, pintu lemari kaca atau gambar berbingkai kaca untuk memantulkan cahaya.

#3. Finishing permukaan mengkilap (glossy)
Finishing dengan permukaan mengkilap (gossy) akan memantulkan cahaya yang datang dan mendistribusikannya ke seluruh ruang. Sehingga ruangan terasa lebih besar dari yang sebenarnya. Pilihlah finishing berbentuk glossy untuk permukaan meja counter top dan pintu lemari dapur (kitchen set).

#4. Nuansa warna yang sama
Jika ingin warna yang berlainan, maka pilih warna cat dalam nuansa yang sama atau seimbang. Jangan gunakan warna yang kontras / berani. Warna kontras hanya cocok digunakan untuk dapur ukuran besar. Untuk dapur kecil gunakan warna yang sama dan saling mendekati, seperti putih dan abu-abu. Sehingga memaksimalkan ruang dan membuatnya tampak lebih besar.

#5. Pintu kabinet dari kaca
Cara lain untuk membuat dapur kecil terlihat lebih besar adalah dengan mengganti pintu kabinet (kitchen set) dengan kaca. Ini membuat pandangan mata melewati bingkai kabinet, dan dapat melihat ke dalam lemari, sehingga dinding terasa lebih jauh. Tapi trik ini hanya efektif jika barang yang ada dalam cabinet tertata rapi.

#6. Menonjolkan sisi vertikal 
Menambah ketinggian langit-langit dapat membuat dapur terlihat lebih luas. Tapi jika tidak memungkinkan maka tonjolkan sisi vertikal dari dapur tersebut. Misalnya dengan meletakkan beberapa barang yang bernilai seni diatas kotak kitchen set, seperti cetakan berbingkai, piring hias, mangkok keramik dll. Sehingga mata akan “terpancing” untuk melihat ke atas.

#7. Rak terbuka 
Memilih rak terbuka adalah cara cerdik untuk memberi kesan dapur lebih luas. Namun, ini harus diiringi dengan barang selalu tertata dan rapi. Jika tidak maka kekacauan barang yang dipajang malahan akan membuat ruangan terasa penuh sesak.

Itulah tips sederhana agar dapur kecil terlihat lebih luas dan lebih besar. Anda punya tips yang lain ? Silakan menambahkan di kolom komentar.

0 Response to "7 Tips Agar Dapur Kecil Terlihat Lebih Besar "

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *