7 Tips Sederhana Agar Kitchen Set Awet dan Anti Rayap


Kitchen set kayu yang terlihat mewah tak menjamin dapat bertahan lama. Bisa jadi seiring berjalannya waktu kitchen set tersebut cepat rapuh karena diam-diam dimakan rayap. Kitchen set yang dimakan rayap sangat berbahaya karena tidak akan kuat menopang beban perabotan yang disimpannya.

Sebagaimana diketahui binatang rayap hidup dan bersarang secara berkelompok. Binatang ini mudah berkembang di tempat yang gelap dan lembab. Rayap sering memakan elemen rumah yang terbuat dari kayu seperti tiang, plafon, kusen pintu dan jendela, serta perabot kayu. Termasuk kitchen set yang terbuat dari kayu. Intinya binatang rayap banyak menimbulkan kerugian material.

Tips kitchen set anti rayap
Gambar : termitesblog.com

Tulisan singkat ini akan mengupas tips sederhana yang dapat dilakukan agar kitchen set awet dan anti rayap. Yuk disimak … 

Tips agar kitchen set anti rayap

Sebelum pemasangan

Mencegah rayap lebih baik daripada membasminya setelah rayap datang.  Oleh karena itu, sebelum kitchen set dipasang lakukan hal-hal berikut :

#1. Lakukan pengendalian rayap 
Hubungi tenaga ahli untuk memastikan tempat pemasangan kitchen set steril dari benih-benih kemunginan munculnya rayap. Misalnya dengan dilakukan penyemprotan bahan kimia tertentu. Pengendalian hama sebelum memasang kitchen set akan membantu mengurangi serangan.

#2. Memilih bahan yang tahan rayap
Rayap memakan selulosa tanaman. Jadi kayu adalah pilihan yang menarik bagi mereka. Kayu olahan atau kayu yang diproses umumnya mengandung bahan kimia yang menyulitkan rayap untuk hidup. Menggunakan kayu olahan untuk kitchen set dapat mengurangi serangan rayap, namun tentu tidak 100 %.

#3. Mengolesi kayu dengan bahan kimia 
Jika Anda tidak suka kitchen set dari kayu olahan dan lebih suka kayu solid, maka beri olesan bahan kimia tertentu pada kayu solid sebelum kitchen set dibuat. Hal ini akan membantu mencegah serangan rayap selama jangka waktu tertentu. Bahan anti rayap ini biasa dijual di toko bangunan.

#4. Cahaya yang optimal
Rayap suka dengan tempat yang gelap dan lembab. Jadi rancang dapur Anda dengan banyak jendela untuk memudahkan sinar matahari masuk dan dapur tidak lembab. Pastikan agar kitchen set bisa mendapatkan pencahayaan yang terang. Selain itu sesuaikan posisinya dengan lampu atau menambahkan lampu downlight di kitchen set tersebut.

Setelah pemasangan

Selanjutnya setelah kitchen set dipasang, lakukan hal-hal berikut ini agar kitchen set bebas rayap.

#5. Pemeriksaan rutin
Pada dasarnya sulit untuk melacak kebedaraan rayap, namun awasi jika ada serbuk kayu seperti jejak rayap. Pastikan kitchen set selalu bersih dan kering.

#6. Membersihkan saluran air 
Menjaga lingkungan tetap bersih dan rapi memiliki pengaruh besar dalam mencegah munculnya rayap. Secara teratur bersihkan saluran air dan keringkan setelah digunakan untuk meminimalisir hama tersebut.

#7. Minta bantuan tenaga ahli 
Jika serangan rayap sudah di luar kendali, sebaiknya segera minta bantuan tenaga ahli untuk membasmi hama tersebut secara kimia. Semakin cepat diatasi akan semakin baik dan mencegah kerusakan lebih jauh.

0 Response to "7 Tips Sederhana Agar Kitchen Set Awet dan Anti Rayap "

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *