Ads

6 Pembasmi Rayap Alami dan Ampuh Untuk di Rumah


Menggunakan perabot rumah dari kayu ada kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan perabot kayu diantaranya adalah dapat menciptakan kesan klasik dan mewah pada rumah, harga terjangkau, perawatan mudah dan tahan lama. Sedangkan kekurangannya adalah kemungkinan terkena serangan rayap, terutama jika kayu yang digunakan tidak berkualitas dan perawatannya yang buruk.

Serangan rayap merupakan masalah umum pada rumah yang memakai perabot kayu atau material bangunan dari kayu. Jika rayap sudah datang maka perabot dan furniture kayu akan cepat rusak.

Minyak cengkeh - pembasmi rayap alami

Ada banyak cara untuk membasmi rayap dari rumah. Bisa dengan memakai obat anti rayap yang bersifat kimiawi, bisa juga dengan menggunakan bahan-bahan alami. Pembasmi rayap dari bahan alami terbukti ampuh mengusir rayap, selain itu lebih aman, ramah lingkungan dan tanpa efek samping.

Pembasmi rayap alami dan ampuh

Berikut adalah 6 pembasmi rayap alami yang ampuh mengusir rayap dari rumah.

#1. Garam

Garam sangat mudah ditemukan karena merupakan bumbu pokok yang selalu ada di dapur. Banyak yang tidak tau ternyata garam dapat digunakan sebagai pengusir rayap yang ampuh. Caranya adalah cukup campurkan garam dengan air. Usahakan konsentrasi garamnya tinggi agar rayap lebih cepat pergi. Aduk hingga rata dan masukan dalam botol semprot, lalau semprotkan pada area yang terkena rayap.

Selain itu pembasmi rayap alami ini bisa digunakan dengan cara merendam kapas ke dalam air garam kemudian letakkan kapas di sarang rayap. Cara ini cukup ampuh untuk mengusir rayap, sekaligus bisa mencegah rayap datang lagi.

#2. Mint

Daun mint bukan bahan yang asing bagi kita, karena daun mint banyak digunakan sebagai campuran berbagai produk. Misalnya pada makanan dan pasta gigi. Ternyata mint juga bisa digunakan sebagai pembasmi rayap alami. Bahkan bukan cuma mampu mengusir rayap saja, tapi juga ampuh untuk mengusir serangga lain.

Selain itu pohon mint juga dapat menjadikan rumah lebih asri dan indah. Kita dapat menanam pohon mint agar rayap tidak masuk, ataupun menggunakan larutan daun mint lalu disemprotkan ke sarang rayap.

#3. Cuka

Selain garam, bahan dapur lain yang dapat dipakai sebagai pembasmi rayap alami adalah cuka. Cuka dapat membuat rayap pergi dari sarangnya dan tidak mau kembali lagi. Caranya cukup mudah, yaitu balurkan cuka pada bagian yang ada rayapnya hingga merata. Praktekan cara ini selama sekitar seminggu terus menerus selama tanpa henti, sampai rayap pergi dari sarangnya.

#4. Minyak cengkeh – minyak esensial

Minyak cengkeh juga bisa menjadi bahan yang efektif untuk mengusir rayap. Minyak cengkeh relative mudah ditemukan. Cara menggunakannya yaitu tuangkan ke dalam botol semprot. Kemudian semprotkan minyak cengkeh tersebut pada sarang rayap dan lakukan berulang hingga tidak ada rayap yang tersisa.

#5. Minyak Jeruk

Dalam sebuah percobaan laboratorium ditemukan bahwa ekstrak minyak jeruk sangat efektif membunuh rayap, dengan angka kematian mencapai 68 persen hingga 96 persen dalam percobaan.

Hal tersebut dapat terjadi karena terdapat bahan aktif d-limonene yang merupakan racun ampuh bagi serangga, khususnya rayap. Caranya, buat lubang pada sarang rayap lalu masukkan minyak jeruk lalu diamkan.

#6. Lidah buaya

Lidah buaya ternyata juga dapat menghilangkan rayap yang bersarang pada furnitur dan bangunan. Caranya, ambil lidah buaya secukupnya, bersihkan, lalu buat jus dengan cara di-blender. Lalu masukkan ke dalam botol semprot kemudian semprotkan pada bagian yang terkena rayap.

Membasmi rayap dengan bahan alami ternyata sangat mudah dilakukan bukan ? Jadi tak ada alasan untuk menunda-nunda dalam membasmi binatang merugikan ini. 

0 Response to "6 Pembasmi Rayap Alami dan Ampuh Untuk di Rumah"

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *