Ads

Waspadai 4 Penyebab Munculnya Rayap Dalam Rumah


Munculnya rayap akan mengganggu dan merusak struktur kayu-kayu yang ada di dalam rumah. Kayu akan menjadi keropos dan tidak kuat menahan beban dari atas. Sehingga rumah mudah ambruk atau roboh.

Apalagi jika rumah dibangun dengan material kayu yang tidak berkualitas, maka akan semakin rentan diserang rayap. Pemakaian material bahan bangunan yang buruk dan tidak berkualitas merupakan salah satu penyebab munculnya rayap. 

Penyebab munculnya rayap di rumah

Penyebab munculnya rayap 

Sebenarnya apa saja sih penyebab munculnya rayap di dalam rumah ? Berikut uraiannya.

#1. Rumah tidak bersih

Salah satu penyebab utama munculnya rayap di dlm rumah adalah karena kondisi rumah yang tidak bersih. Rumah yang kotor “seolah-olah” mengundang hewan dan hama penyakit. Banyak hewan dan hama penyakit berdatangan hanya gara-gara rumah tidak terjaga kebersihannya.

Salah satu contohnya adalah muncul rayap yang tidak diketahui kapan dan dari mana datangnya. Rayap biasanya akan membuat sarang di tempat yang jarang dibersihkan. Rayap tersebut akan membuat sarang yang menyerupai terowongan kecil, tapi lama kelamaan sarang itu akan semakin banyak dan panjang. Jika dibiarkan, maka rayap tersebut akan menyerang dan memakan kayu yang ada di rumah.

#2. Kayu yang tidak berkualitas

Jangan sekali-kali membeli kayu hanya karena tergiur harganya yang murah, apalagi jika itu akan digunakan untuk komponen rumah. Sedari awal mesti disadari bahwa kualitas kayu yang digunakan akan sangat berpengaruh pada keamanan dan kenyamanan penghuni rumah.

Menggunakan kayu dengan kualitas buruk hanya akan merepotkan Anda dan keluarga di kemudian hari. Kayu yang murah biasanya kualitasnya buruk dan mudah terkena rayap. Sebaliknya jika menggunakan kayu dengan kualitas bagus maka lebih terlindung dari serangan rayap, sehingga keamanan dan kenyamanan keluarga lebih terjamin.

#3. Faktor cuaca

Di musim penghujan biasanya suhu udara lebih dingin, dan pada malam hari muncul laron beterbangan mendekati cahaya lampu. Laron merupakan sejenis rayap terbang. Dan munculnya laron merupakan pertanda bahwa di lingkungan tersebut terdapat sumber rayap. 

Jika semakin banyak laron yang datang maka kita harus waspada, karena bisa berarti bahwa sumber rayap dilingkungan tersebut juga banyak.

Jika laron berdatangan, segera matikan lampu. Agar laron menjauh dan rumah kita terhindar dari rayap terbang tersebut. 

#4. Bekas kebun

Tanah yang subur seperti di kebun merupakan tempat yang disukai oleh rayap. Rumah yang dibangun di lahan bekas kebun atau kondisi tanahnya yang subur dan gembur, maka kemungkinan di situ terdapat banyak rayap.

Sebelum membangun rumah, pastikan bahwa lokasi tersebut bukan merupakan tanah yang gembur atau subur. Singkirkan semua pohon sampai ke akarnya, biarkan tempat tersebut kosong seperti lapang selama beberapa bulan. (Orang-orang di kampung dahulu biasa membuat lapangan voli agar tanah menjadi padat dan tumbuhan mati sebelum dibangun rumah dilahan bekas kebun tersebut).

Baca juga : Jenis Kayu Yang Tidak Dimakan Rayap dan Tanda-tanda Kayu Diserang Rayap

Itulah 4 penyebab munculnya rayap di rumah. Jika Anda ingin menambahkan, silakan tulis di kolom komentar. Semoga ada manfaatnya.

0 Response to "Waspadai 4 Penyebab Munculnya Rayap Dalam Rumah"

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *