Ads

8 Tips Mudah Agar Kamar Mandi Aman Untuk Keluarga


Kamar mandi yang aman merupakan salah satu prasyarat untuk hunian yang nyaman. Karena itu faktor keamanan harus benar-benar diutamakan saat akan membangun kamar mandi. Kamar mandi identik dengan lantai yang selalu basah, lembab, dan licin. Kondisi ini harus diantisipasi agar tidak ada anggota keluarga yang terpeleset atau jatuh.

8 Tips agar kamar mandi aman untuk keluarga

Terlebih bagi orang tua dan ibu hamil, kondisi kamar mandi yang aman adalah prioritas. Sebab mereka banyak mengalami penurunan kekuatan, keseimbangan maupun mobilitas. Misalnya mereka sudah tidak mungkin berdiri berlama-lama di bawah shower kamar mandi, naik dan turun dari bak mandi juga sudah berisiko. Nah, bagaimana caranya agar kamar mandi di rumah aman untuk setiap anggota keluarga ?

Tips agar kamar mandi aman untuk keluarga

Berikut adalah tips singkat untuk membuat kamar mandi yang aman bagi seluruh anggota keluarga :

#1. Pasang handrail stainless

Handrail adalah pegangan tangan kamar mandi, biasanya terbuat dari aluminium dan stainless steel. Pasang handrail pada dinding kamar mandi agar kita bisa memegangnya dan berjalan dengan aman. Handrail biasanya dipasang dari pintu kamar mandi sampai ke shower/ bak mandi. Handrail stainless dapat dipesan secara khusus sesuai ukuran kamar mandi.

#2. Gunakan kloset duduk

Dibandingkan dengan kloset jongkok, kloset duduk lebih aman terutama untuk lansia dan ibu hamil. Gunakan kloset duduk yang bagian dudukannya nyaman.

Bila perlu pasang pegangan tangan (handrail) di dekat kloset untuk memudahkan lansia dan ibu hamil jika mau berdiri.

#3. Memasang bantalan karet

Lantai kamar mandi gampang sekali licin, penyebabnya bisa karena lumut, sisa sabun dll. Misalnya lantai di dekat bathtub atau di bawah shower. Sikat bagian tersebut secara teratur. Selain itu kita bisa memberi pengaman tambahan dengan memasang bantalan karet anti selip agar tidak licin.

Bantalan atau pelapis karet ini biasanya mudah lembab sehingga perlu dibersihkan setiap 1 – 2 minggu setelah digunakan. Bantalan karet ini harganya cukup murah, tapi manfaatnya sangat terasa. 

#4. Gunakan hand shower

Shower dengan gagang (hand shower) akan memudahkan anggota keluarga saat ingin mengatur debit air serta mengarahkan air ke posisi tertentu di tubuh. Karena biasanya ada bagian tubuh tertentu yang membutuhkan aliran air lebih banyak, misalnya di area lipatan seperti lutut, serta punggung. 

#5. Keset harus selalu kering

Keset yang sudah basah harus segera diganti dengan keset yang kering. Keset basah selain dapat menyebabkan anggota keluarga tergelincir, juga mudah terkena jamur yang tidak baik untuk kesehatan. Keset yang baik adalah yang kering, cukup tebal dan terasa empuk di kaki.

#6. Periksa suhu air

Jika Anda memakai pemanas air, pastikan selalu air tersebut aman untuk digunakan (tidak terlalu panas). Memanaskan air seperlunya saja, selain hemat listrik, juga kamar mandi lebih aman terutama untuk anak-anak. 

#7. Lampu darurat

Di negara kita sering terjadi pemadaman listrik secara mendadak. Karena itu sebaiknya kamar mandi dilengkapi dengan lampu darurat (emergency lamp). Di pasaran banyak dijual lampu darurat yang akan menyala secara otomatis jika listrik padam.

#8. Simpan cairan pembersih di luar kamar mandi

Jangan menyimpan cairan pembersih di kamar mandi, seperti pemutih, karbol, cairan pel, dll. Simpan semuanya dalam kotak tertutup di luar kamar mandi. Berbagai bahan kimia tersebut dapat menjadi sumber bau tak sedap dan membuat pusing atau mual.

Itulah 8 tips agar kamar mandi aman untuk seluruh anggota keluarga. Jika Anda punya tips yang lain, silakan tambahkan di kolom komentar.

0 Response to "8 Tips Mudah Agar Kamar Mandi Aman Untuk Keluarga"

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *