Ads

Cara Mengukur Suhu Ruangan Dengan Aplikasi Smartphone dan Manual


Yang dimaksud suhu ruangan adalah kisaran suhu udara yang disukai oleh banyak orang jika berada dalam sebuah ruang atau kamar. Untuk mengukur berapa suhu ruangan caranya sangat mudah. Kita bisa mengukurnya secara manual dengan thermometer ruangan ataupun menggunakan aplikasi di smartphone.

Termometer digital pengukur suhu ruangan

Jika menggunakan cara manual maka thermometer ruangan harus di posisikan berada di tengah ruangan, dan jika menggunakan aplikasi smartphone maka kita harus mendownload terlebih dahulu aplikasi tersebut di AppStore (untuk iPhone) ataupun PlayStore (untuk Android).

#1. Cara mengetahui suhu ruangan dengan aplikasi smartphone

Aplikasi pengukur suhu ruang di AppStore atau Google PlayStore jumlahnya banyak. Tapi ada tiga aplikasi pengukur suhu ruangan yang populer yaitu : My Thermometer, Smart Thermometer, dan iThermonitor.

Mengukur suhu ruangan dengan aplikasi smartphone

Pilih salah satu aplikasi thermometer tersebut untuk didownload ke ponsel cerdas Anda. Smartphone jaman sekarang sudah banyak yang dilengkapi sensor untuk mengukur suhu perangkat. Sensor inilah yang dimanfaatkan aplikasi untuk mengukur suhu sekitar ruangan.

Tunggu hingga aplikasi didownload sepenuhnya, jangan buru-buru membukanya.

Selanjutnya buka aplikasi dan pilih pembacaan suhu sekitar untuk mengetahui suhu kamar. Bergantung pada aplikasi mana yang Anda pakai, Anda mungkin akan mendapatkan pilihan sumber pengukuran : dari sensor suhu perangkat atau dari data badan meteorologi.

Biasanya aplikasi akan menawarkan pilihan tampilan antara satuan derajat Celsius dan derajat Fahrenheit. Selain itu aplikasi juga menyediakan fitur untuk mengkonversi pengukuran dari Celsius ke Fahrenheit dan sebaliknya.

Ikuti saja petunjuknya. Mudah kok.

#2. Cara manual mengukur suhu ruangan dengan termometer 

Selain dengan aplikasi smartphone, bisa juga dengan dengan thermometer ruangan. Untuk mengetahui suhu ruangan yang paling akurat pilih termometer digital. Gambar termometer digital adalah seperti yang ada di awal tulisan ini.

Harga termometer digital biasanya lebih mahal daripada termometer lainnya. Namun termometer ini memberikan hasil yang lebih cepat dan lebih akurat. Thermometer digital juga akan bereaksi terhadap perubahan suhu lebih cepat daripada jenis termometer lainnya sehingga hasilnya lebih akurat.

Beberapa termometer digital memiliki kemampuan untuk menyimpan pengukuran suhu. Jadi Anda dapat membandingkan suhu kamar dari waktu ke waktu dan mengetahui bagaimana perubahannya.

Selain thermometer digital, ada juga termometer dari kaca/gelas dan termometer bimetal. Tetapi hasilnya tidak akan secepat dan seakurat termometer digital.

Apapun termometer yang Anda gunakan, posisikan alat ini di tengah ruangan. Taruh di meja atau bangku dan jauhkan dari dinding. Memasang termometer di dinding dapat menghasilkan hasil yang tidak akurat karena terpengaruh suhu dinding.

Pengukuran suhu ruangan umum adalah sekitar 21-24 ° Celsius atau 70-75 ° Fahrenheit.

- Termometer digital akan menampilkan suhu ruangan pada layarnya
- Thermometer gelas menampilkan angka yang sejajar dengan level teratas cairan untuk hasil suhunya.
- Pada termometer bimetal lihatlah pada angka yang ditunjukkan oleh tanda panah.

0 Response to "Cara Mengukur Suhu Ruangan Dengan Aplikasi Smartphone dan Manual"

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *