Ads

16 Tips Membersihkan Rumah Agar Terlihat Baru Lagi


Gara-gara wabah Corona, kantor dan sekolah banyak yang tutup. Anak sekolah disuruh belajar di rumah, orang tua disuruh work from home alias bekerja dari rumah. Untuk mengusir kebosanan selama di rumah, mengapa kita tidak bersih-bersih rumah saja agar rumah terlihat baru lagi.

Nah, jika Anda tidak tau harus memulai dari mana dalam membersihkan rumah, atau apa saja yang harus dibersihkan, berikut ini adalah tips membersihkan rumah agar rumah terlihat seperti baru lagi. Jangan lupa gunakan sarung tangan dan masker, karena banyak debu disana. Yuk disimak tipsnya.

Tips membersihkan rumah agar terlihat baru

Tips membersihkan rumah agar terlihat baru 

#1. Bersihkan tempat (mesin) cuci piring  

Jangan biarkan piring kotor menumpuk di tempat (mesin) cuci piring. Karena kotoran (sisa makanan) akan mudah menumpuk di mesin cuci piring. Biasakan membersihkan kotoran sisa makanan setelah selesai cuci piring. Caranya tarik keluar rak bawah untuk mencari sisa makanan dan keluarkan kotoran dengan tisu agar tidak jadi bau.

#2. Gosok toilet sampai bersih

Oleskan pembersih toilet, dan diamkan selama lima menit lalu gosok dengan sikat toilet yang kaku. Bersihkan juga dudukan toilet dan semprot dengan desinfektan, lalu siram dengan air bersih. Hasilnya toilet jadi bersih dan bebas kuman.

#3. Bersihkan keran / shower kamar mandi 

Seiring waktu, mulut keran dan shower kamar mandi jadi kotor dan air pun tersumbat. Sikat dengan sikat gigi bekas dan air sabun. Jika masih bandel, rendam mulut keran dalam campuran cuka putih dan air dengan jumlah yang sama. Biarkan meresap hingga satu jam, lalu bersihkan kotoran yang rontok.

Baca juga : 8 Tips Mudah Agar Kamar Mandi Aman Untuk Keluarga 

#4. Menyegarkan tirai shower

Untuk menghilangkan bintik-bintik berjamur, masukkan tirai shower ke dalam mesin cuci dengan sedikit deterjen. Tambahkan dua handuk mandi untuk agitasi pembersihan ekstra. Setelah itu gantung hingga kering. Agar lebih segar, rentangkan tirai setelah setiap kali mandi agar kelembapannya hilang.

#5. Membersihkan coretan dinding

Dinding rumah sering jadi sasaran “seni kreatif” anak-anak. Hasilnya coretan dinding pun ada dimana-mana. Cara membersihkan coretan dinding cukup gosok dengan spons basah yang ditaburi soda kue.

#6. Bersihkan kaca dengan cuka

Campurkan 1/2 cangkir cuka putih dengan 1/4 gelas alkohol (konsentrasi 70%) dan 2 gelas air dan tuang ke dalam botol semprot kosong. Bersihkan kaca jendela dengan cara menyemprotkan larutan ke kaca, lalu seka dengan kain microfiber bersih untuk menghindari goresan.

#7. Bersihkan peralatan makan 

Perhatikan peralatan makan seperti sendok saji atau garpu favorit yang terlihat kusam. Basahi, gosok dengan sedikit pasta gigi, bilas, dan keringkan dengan kain bersih agar kembali berkilau.

Baca juga : 7 Tips Agar Dapur Kecil Terlihat Lebih Besar

#8. Bersihkan lemari dari kotoran dan minyak 

Sama seperti alat masak lainnya, lemari pun lama-lama akan kotor seiring berjalannya waktu. Tambahkan sedikit sabun cuci piring ke botol semprot dengan air hangat untuk menghilangkan lemak dan kotoran. Kemudian, bilas dengan kain yang sudah diperas dan kering.

#9. Perabotan di teras 

Tambahkan sedikit deterjen ke dalam semangkuk air hangat, dan gunakan untuk membersihkan meja dan kursi yang ada di teras. Lalu, bilas bersih dengan selang taman.

#10. Hapus noda teh dan kopi dari mug

Jika mug keramik favorit kita ada kotoran bekas teh atau kopi  yang membandel, oleskan sedikit sabun cuci piring dan gosok dengan spons metal untuk abrasi tambahan, lalu bersihkan seperti biasa.

#11. Lawan bau apek !

Seperti halnya di lemari es, sekotak soda kue yang diletakkan di dekat seprai dan handuk dapat mencegah lemari linen lembap.

#12. Ponsel, remot tv dan mouse 

Ketiga barang ini sangat mungkin mengandung banyak kuman. Karena bolak-balik dipegang setelah kita menyentuh benda-benda lain. Zap kuman dengan alkohol.

#13. Sarung bantal dan sprei 

Sarung bantal dan sprei dapat dicuci dan dikeringkan di mesin. Gunakan deterjen secukupnya. Cuci pada mode halus dengan pembilasan ekstra pewangi. Lalu jemur hingga kering.

#14. Lantai bersih dan harum

Sapu seluruh lantai ruangan dari depan sampai belakang, jangan ada yang tersisa. Setelahnya pel dengan campuran pewangi agar ruangan jadi harum.

#15. Cat ulang 

Jika ada dana lebih dapat dilakukan pengecatan ulang untuk bagian rumah yang warnanya sudah kusam, baik pengecatan sebagian ataupun seluruh ruangan

#16. Desinfectan handle pintu

Rumah yang terlihat baru akan makin sempurna jika syarat kesehatannya juga terpenuhi. Karena itu untuk mencegah penularan virus Corona yang sedang mewabah, jangan lupa semprot handle pagar, handle pintu, pegangan tangga dll dengan desinfectan.

0 Response to "16 Tips Membersihkan Rumah Agar Terlihat Baru Lagi"

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *