Ads

Tips Membuat Pagar Bambu Yang Bagus dan Tahan Lama


Pagar bambu banyak ditemukan di daerah pinggiran kota ataupun di pedesaan. Pagar bambu biaya pembuatannya tidak semahal pagar kayu. Karena harga bambu juga lebih murah daripada harga kayu yang semakin hari jumlahnya semakin langka. Meskipun biayanya cukup murah namun pagar bambu mampu tampil artistic, alami serta awet tahan lama.  

Pagar bambu panel


Memilih dan menyiapkan bambu agar awet dan tahan lama  

#1. Sebelumnya kenali dulu tiga jenis bambu yang banyak digunakan pada bangunan yaitu : 

- Bambu apus. Diameternya bisa mencapai 3 cm hingga 7 cm dan panjang sekitar 12 meter. Bambu apus sering digunakan pada ; rangka atap, jembatan, kandang hewan, pagar dll.

- Bambu wulung, banyak ditemukan pada ; rangka atap, pagar, tiang bendera dll. Bambu ini memiliki diameter antara 5 cm hingga 12 cm dan panjang bisa mencapai 18 meteran. 

- Bambu petung yang memiliki diameter terbesar, berkisar 8 inchi hingga 10 inchi. Dan panjangnya bisa mencapai 10 kaki lebih dengan ketebalan batang hingga 20 mm. bambu jenis ini sering digunakan untuk tiang atau penyangga.

#2. Pilih bambu yang kuat

Bambu yang kuat umurnya harus cukup tua. Jangan gunakan bambu muda, karena mudah pecah dan rentan serangan rayap. Sebaiknya pilih bambu yang sudah mengalami proses pengawetan. Sehingga bambu tersebut tahan terhadap serangga atau rayap. Apalagi perubahan cuaca yang ekstrem akan sangat mempengaruhi ketahanan pagar bambu.

#3. Cara agar bambu awet dan tahan lama

- Cara tradisional, yaitu dengan merendam bambu ke dalam air sekitar 3 hingga 6 bulan. Tujuannya untuk melarutkan getahnya. Selanjutnya bambu-bambu tersebut di keringkan hingga siap digunakan memerlukan waktu sekitar 2 mingguan.

- Menggunakan bahan kimia yang banyak dijual di pasaran, seperti oli bekas atau minyak tanah. Dengan cara memasukkan cairan kimia tersebut ke dalam batang bambu yang sudah dilubangi sebelumnya.

#4. Memberi lapisan cat atau pelitur 

Selain membuat bambu lebih awet dan tahan lama, cat dan pelitur juga dapat memberikan warna-warni yang menarik. Tinggal disesuaikan dengan nuansa warna di lingkungan sekitarnya. Secara umum pelitur memberikan kesan alami yang lebih menonjol pada pagar bambu.

#5. Desain pagar bambu yang bagus 

Beragam desain pagar bambu banyak ditemukan di media sosial bisa dijadikan inspirasi. Dari yang model pagar bambu minimalis, pagar bambu ala Jepang, bambu panel dll. Misalnya seperti pada video ini. 



0 Response to "Tips Membuat Pagar Bambu Yang Bagus dan Tahan Lama "

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *